Rabu, 18 November 2009

PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KONSUMEN

PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KONSUMEN


Pengaruh motivasi sangatlah terikat,maka dalam pengertian motivasi ini adalah dorongan internal untuk melakukan tindakan sesuatu sebagai usaha pemenuhan kebutuhan,maka manusia perlu memenuhi yaitu fisik,psikis,hasrat dan dalam motivasi sesorangtidaklah mudah karena keadaan itu merupakan situasi yang sangat siafatnya sangat pribadi .disamping itu terlalu banyak variable yang mempengaruhinya
Dalam fisik manusia(lapar,haus,santai,olahrag,dll).psikis(agresi,meniru,ekspresi-diri).hasrat(kepuasan,kenikmatan,kepuasan,cantik,dll)jika kita sebagai produsen ingin menarik konsumen yang bias membuat konsumen menjadi puas dan tentunya konsumen akan terus menggunakanya memang sangat sulit karena selera dan kebutuhan mereka berbeda,maka produsen harus berpintar membaca situasi seperti ini
Contoh :
Perusahaan PT.X mengeluarkan sebuah alat olahraga yang bias di gunakan didalam ruimah,dalam alat olah raga ini tentunya produsen tidak hanya asal mengeluarkan produk,tapi bagaimana produk yang dikeluaarkan ini membuat konsumen ingin membeli dan konsumen termotivasi ingin memilikinya dan konsumen puas.produk yang dikeluarkan itu tentunya,harus bias memenuhi kebuthan olahraga,meniru kebangaan,jati0diri,kepuasan,cantik.hal ini yang mugkin di rencanakan oleh produsen secara fisik memang sesorang yang memiliki aktifitas tinggi memerlukan olahraga,psikis ini merupakan jati-diri sesorang yang memiliki aktifitas tinggi memerlukan olahraga,psikis ini merupakan jati diri sesorang karena ini merupakan kegiatan sesorang yang memiliki penghasilan tinggi,bangga bias memiliki tubuh sehat dan meniru orang lain yang memiliki badan bugar.hasrat kepuasan bias puas karena bias berolahraga dengan alat yang diletakkan didalam rumah praktis dan tidak mengeluarkan biaya lebih tentunya waktu tidak terlalu banyak terbuang bila di tempat gym sewaan.cantik bila memiliki produk olahraga,dilakukan dirumah ini pun bias membuat pengguna jadi cantik dan tidak lesu atau fresh.
Dalam contoh diatas ini akan membuat konsumen termotivasi untuk memilikinya dan dapat nilai plus yang menjadi sehat.hal ini juga membuat produsen tidak ragu untuk mengeluarkan produk tersebut.dan bila produk tersebut sangat sukses dipasar tidak dipungkuri bila produsen mengeluarkan produk olahraga yang dapat menghasilkan kegunaan produk yang lebih baik/mengelurkan inovasi baru dan baru lagi.

Referensi : Teguh Budiarto,Dasar Pemasaran,Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar