Senin, 09 November 2009

PENGARUH HARGA TERHADAP PRODUSEN DAN KONSUMEN

PENGARUH HARGA TERHADAP PRODUSEN DAN KONSUMEN


Dalam teorinya harga merupakan nilai pertukaran atas suatu manfaat produk yang dinyatakan dalam satuan moneter.Harga juga terbentuk untuk memenuhi tukuan dari dua pelaku ekonomi yaitu antara produsen dan konsumen

Dan menurut produsen harga sangat penting karena mendapatkan keuntungan dan harga juga dalam konsumen memandang bahwa sebagai nilai barang yang mampu memberikan manfaat atas pemenuhan kebutuhanya.Bagi produsen,penetapan haraga sangat penting keputusanya dapat mempengaruhi perkembangan,keberadaan,
Maupun kemunduran usahanya.Oleh karena itu penentu haraga sangatlah perlu diperhitungkan secara cermat dan hati – hati

Dalam contoh bias kita jelaskan misalnya dalam musim hujan seperti ini produk yang banyak di cari konsumen dan perlu kita keluarkan adalah Payung dan Jas Hujan,pasti produk ini paling di cari oleh masyarakat konsumen,setelah itu baru kita tetapkan Harga.tetapi harha yang kita tetapkan haruslah dapat diterima oleh konsumen.dan penetapan harga bagi produsen haruslag diatas biaya yang dapat membri keuntungan bagi perusahaan.

Produk payung dan jas hujan.bisa kita jual di dekat kampus,sekolah,perkantoran dan pasar hal ini dapat mempermudah bagi konsumen bila ingin memiliki produk tersebut.kita memilih temapat ini karena ini sangat di senangi oleh konsumen dan startegis.Produk Payung dan Jas Hujan bias juga kita promosikan agar mempermudah bagi konsumen jenis,model,dan warna apa yang terdapat di tempat penjualan tersebut,lalukta bias memberikan diskon sebesar – besarnya bila dalam keadaan dan situasi musim hujan seperti ini

Produsen juga harus melihat persaingan di pasar yang sangat pesat dengan cara seperti contoh diatas tentunya untuk menarik konsumen dan kita juga dapat membaca situasi bila bahan mentah produk tersebut mlai mengalami kesulitan/kelangkaan mendaptkanya,pastilah produsen dapat memanfaatkan situsi dan keadaan seperti ini dengan cara menaikkan harga dan tentunya kenaikan harga ini tidak ada batasnya,tapi terbatasnya tertinggi dari permintaan pasar

Bagi produsen baru tentunaya harus menganalisa atau meramalkan bila terjadi situasi yang diterngkan seoerti diatas dan tentunya membaca pesaing – pesaing yang sudah terlbih dahulu memasarkan barang Payung dan Jas Hujan tersebut.dan perlu di ingatkan harus bias mengetahui rata – rata konsumen sangat senang dengan harga yang terjangkau karena sebagian besar punya pengasilan rendah,bila harga barang tersebut mahal tentunya pemenuhan kehidupan kosumen sangatlah kurang.





Referensi:
Budiarto, Teguh. Seri Diktat Kuliah Dasar Pemasaran. Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar