Nama : Kristy Septin Barasa Kelas : 3EA03
NPM : 10207637 Mata Kuliah : Perilaku Konsumen
DINGS MIX BREADTH
Produk mix adalah keseluruhan jajaran produk dan unsure produk yang ditawarkan produsen kepada pembeli,lebar (breadth) dari produk mix adalah banyak jajaran produk yang dihasilakn dan di jual kepasar,dalam (depth) dari produk mix adalah variasi (unsure produk pada masing – masing jajaran produk,panjang (length ) dari produk mix adalah jumla keseluruhan unsurproduk dibagi dengan jumlah lebar dari product mix.
Berikut ini adalah contoh dari lebar(breadth) dari produk mix =
Produk Mix Dings
- Pembersih Lantai
To Kling Lantai
- Pewangi pakaian
Softenir To Kling
Pewangi To Kling
- Sabun
Dings Biru
- Deterjen
To Kling Power
To Kling Softenir
Dari contoh yang telah diberikan diatas ini bias membenarkan bahwa setiap produsen yang mengeluarkan satu atau beberapa produk berusaha membuat product Mix breadth.produsen menggunakan product Mix Breadth bertujuan untuk bisa mengabungkan produk dengan produk yang lain untuk menghasilkan yang dimana produsen mampu memenuhi kebutuhan konsumen yang telah didistribusi ke pasar – pasar dan juga mampu menghasilkan keuntungan yang sesuai target yang telah ditetapkan.
Dan tentunya untuk dapat menghasilakn product mix breadth sesuai dengan target,harus mempunyai strategi untuk bisa product mix yang baik dan tentunya membaca pasar dan produsen dari produk lain yaitu setiap produk dapat digunakan semua lapisan pasar dan masyarakat produsen juga bisa mengunakan satu segmen pasar dan produsen juga lebih mengeluarkan produk yang lebih baik atau bagus,produsen juga tidak hanya satu segmen pasar tapi semua.Tapi dan produk yang dibuat variasi produk yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut akan tetapi juga harus terbatas,perusahaan juga hanya memproduksi dan mendistribusikan kepasar hanya satu,tapi perusahaan ini walaupun satu tapi kualitas dan teknologinya sangat baik bisa dibilang paling terbaik dengan produk penuh variasi.
Bila strategi ini gunakan tentunya produk yang dihasilakn dengan mutu dan kualitas yang digunakan,tak dipungkiri bila salah satu produk yang dibuat oleh produsen dapat membuat konsumen merasa puas dan membuat konsumen untuk pindah atau memilih produk lain yang sejenis.
Dan proses produk yang melakukan variasi dan inovasi baru harus mempunyai satu nilai paling unggul dari pada produk pesaing lainya.mudah digunakan,diamati ini akan menjadi nilai lebih.
Referensi : Teguh Budiarti,Dasar Pemasaran,Universitas Gunadarma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar