Senin, 10 Mei 2010

analisis faktor hubungan situasional terhadap pembelian pakaian di kalangan mahasiswa gunadarma

BAB I
PENADAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Fashion,bila kita kita membicarakan fashion yang terlintas dalam benak pikiran kita adalah pakaian dan segala macam bentuk acssesorisnya.Di kalangan Mahasiswa terutamanya.mereka sangat mengikuti perkembangan jaman.Apalagi di bidang fashion seolah – olah itu adalah kebutuhan hidup yang harus dipenuhi.Tidak salah lagi sebagian Masyarakat atau Mahasiswa mengerti fashion dan ada pula yang beranggapan fashion adalah salah satu gaya hidup dan mencirikan kepribadian orang yang memakai tersebut.Disekitar kota Depok ini telah banyak pula butik,toko – toko fashion tersebut di kota Depok ini untuk memenuhi kebutuhan dari para konsumenya.
Produk pakain sebagaimana yang kita ketahui ada salah satu produk pakaian yang tidak terencanakan,karena merupakan kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan ,bila minat pada pakaian tersebut sebab pakaian itu memiliki jenis pakaian yang bagus dan unik.Demikian juga bagi kalangan mahasiswa yang sebagian besar sangat tertarik dalam membeli dan memiliki pakaian dan produk ini merupakan jenis produk sangat diminati kalangan mahasiswa karena telah mengikuti perkembagan jenis dan model pakaian ini.Mahasiswa melakukan pembelian dapat saja terjadi karena situasi yang memaksakan konsumen untuk melakukan pembelian muncul pada berbagai tempat dan waktu yang belum terencanakan sebelumnya.
Pengaruh situasional adalah faktor-faktor yang penting dalam waktu dan di tempat pengamatan yang tidak ada hubungannya dengan atribut pribadi ataupun stimulus, mempunyai efek yang sistematis dan bisa dilihat, terhadap perilaku seseorang. Jadi, situasi merupakan faktor-faktor di luar dan dipisahkan dari produk dan atau iklan tentang produk yang mempengaruhi konsumen. Konsumen tidak merespon stimulus pemasaran itu saja, tetapi bersama-sama dengan situasi,dimana situasional ini dipengaruhi oleh beberapa aspek yaitu:Lingkungan Fisik(phsical surroundings),Lingkungan sosial(social surroundings),Perspektif Temporal(Temporal Perspective)
Di penelitian ini saya akan meneliti kebiasaan Mahasiswa Gunadarma dalam membeli Pakaian sesuai dengan Lingkungan Fisik(Phsical Surroundings),Lingkungan Sosial(Social Surroundings),Perspektif Temporal(Temporal Perspective).
1.2 Rumusan dan Batasan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut maka permasalahn dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:
1. Untuk menganalisis hubungan Variabel faktor situasional terhadap pembelian pakaian di kalangan Mahasiswa Gunadarma!
2. Untuk mengetahui pengaruh pembelian pakaian terhadap iklan dan promosi !

1.3 Tujuan Penelitian
Berdasarkan Latar Belakang penelitian dan perumusan masalah,maka tujuan penelitian ini adalah:
1. Menganalisis hubungan antara Lingkungan Fisik (Phisical Surroundings) dan Pembelian
2. Menganalisis hubungan antara Lingkungan Sosial (Social Surroundings dan Pembelian
3. Menganalisi hubungan antara Perspektif Temporal (Temporal Perspective) dan Pembelian

1.4 Manfaat Penelitian
Berdasarkan Latar Belakang Penelitian dan perumusan masalah maka,Manfaat penelitian ini adalah:
1. Manfaat Penulis adalah lebih memahami faktor hubungan situasional dan seberapa besar pengaruh situasional bagi konsumen
2. Manfaat Praktis adalah Sebagai masukan yang mungkin dapt digunakan untuk membantu dalam meningkatkan penjualan yang akan menimbulkan minat untuk membeli lagi.

1.5 Metode Penelitian
Metode yang penelitian yang di gunakan sesuai dengan Latar Belakang Penelitian.
1.5.1 Objek Penelitian
Objek Penelitian yang di ambil adalah Mahasiswa Gunadarma
1.5.2 Data/Variabel
Data atau Variabel yang digunakan adalah
 Lingkungan Fisik(Phsical Surroundings)
 Lingkungan Sosial(Social Surroundings)
 Perspektif Temporal(Temporal Perspective)
1.5.3 Metode Pengumpulan Data/Variabel
Data Sekunder
Adalah data yang diambil secara kuesioner yang diambil dari Mahasiswa
Gundarma,Tingkat 3,Jurusan Manajemen.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar